Iklan Berbayar

masyarakat Papua dari zaman prasejarah. Rasanya yang tawar, membuat masyarakat Papua ingin menambah cita rasa sagu agar menjadi makanan yang enak dan bisa dijadikan sebagai makanan khas Papua.

Adapun 5 makanan khas Papua yang diolah dari sagu :

1. Papeda

Papeda Dengan Kuah Kuning. Sumber : tripadvisor.com

Papeda adalah makanan favorit masyarakat Papua yang terksturnya seperti lem, berwarna putih dan rasanya tawar. Agar rasa tawarnya tidak mendominan ketika dimakan, maka papeda akan dihidangkan dengan berbagai jenis bahan-bahan, seperti ikan kuah kuning, sambel terasi, sayur dan jeruk. Papeda akan terasa nikmat ketika dihidangkan saat masih hangat-hangatnya.

Cara membuat papeda tidaklah susah, hanya butuh ketelitian saat mencampur sagu dengan air yang baru-baru mendidih, jangan sampai papeda terlalu lembek.

2. Kue Sagu Bagea

Bentuk Dari Kue Sagu Bagea. Sumber : tripadvisor.com

Kue sagu bagea adalah oleh-oleh khas dari Indonesia Timur. Kue yang berbahan dasar sagu ini hanya memberikan 2 rasa yakni rasa asin dan manis.

Kue ini bisa kamu temukan di pasar tradisional, pasar swalayan, di dalam lokasi bandara bahkan kamu juga bisa pesan lewat online.

Saat pulang berlibur, kue bagea sangat cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Martabak Sagu

 

Martabak Sagu Yang Diberi Gula Merah. Sumber : Akurat.co

Martabak sagu lebih nikmat disuguhkan pada saat masih hangat, karena gula merahnya masih akan terasa cair dan terasa lumer di lidah. Namun apabila sudah dingin maka martabaknya akan keras dan gula merahnya kembali padat seperti semula.

Cara membuat martabak sagu tidak sulit, cukup panasi wajan lalu masukkan sagu dan bentuk sagu menjadi lingkaran. Usahakan agar lapisan sagu tidak terlalu tebal, jika sagunya sudah mulai kecoklatan, maka saatnya untuk memberikan taburan gula merah yang telah diiris tipis-tipis pada permukaan sagu secara merata. Pada saat gula merahnya sudah cair, maka waktunya untuk melipat dua martabak tersebut lalu angkat. Tunggu beberapa menit lalu hidangkan.

4. Sagu Lempeng

Jajanan Sagu Lempeng . Sumber : twitter @arieparikesit

Saat gigitan pertama masih terasa tawar, namun perlahan-lahan akan terasa manis. Yang membuat sagu lempeng berbeda dengan olahan sagu yang lain adalah teksturnya yang keras dari gigitan pertama sampai terakhir. Namun bagi kalian yang tidak suka dengan teksturnya yang keras, kalian bisa celupkan ke dalam air, sampai teksturnya benar-benar lunak.

Jajanan sagu lempeng bisa kalian temukan di pasar tradisonal di berbagai daerah yang ada di Papua, sagu lempeng sudah dibungkus dengan plastik dan jumlah sagu lempeng didalam plastik itu sudah ditentukan oleh penjualnya.

Sagu lempeng tidak hanya ditemukan di pasar-pasar tradisional namun sekarang bisa di pesan lewat online.

5. Bubur Sagu

Bubur Sagu Yang Diberi Campuran Gula Merah Dan Santan Kelapa. Sumber : cookpad.com

Sagu adalah bahan pokok yang banyak diolah oleh masyarakat Papua. Meskipun rasanya tawar namun sagu tidak diabaikan begitu saja oleh sebagian orang. Olahan sagu kini semakin banyak salah satunya adalah bubur sagu.

Sagu digunakan sebagai pengganti nasi bagi masyarakat Papua, tak heran apabila masyarakat Papua sangat gemar mengolah sagu  menjadi makanan yang enak.  Bahkan ada dari mereka yang mengolah sagu menjadi oleh-oleh khas Papua.

Bicara soal bubur sagu, makanan yang sampai saat masih menjadi favorit dikalangan masyarakat karena teksturnya yang lembut, campuran gula merah, harumnya daun pandan dan campuran santan kelapa yang menjadikan bubur ini semakin nikmat untuk dimakan.