Iklan Berbayar
Home Pariwisata Agas, Binatang Kecil Yang Familiar Di Pesisir Pantai

Agas, Binatang Kecil Yang Familiar Di Pesisir Pantai

0
1057
Iklan Berbayar

Saat ditugas kan menjadi tenaga pendidik di pedalaman Papua tepatnya di pesisir pantai Yapen + 2 tahun yang lalu. Awalnya kami tidak ada merasakan sesuatu. Ketika itu kami keluar rumah ingin menikmati angin sepoi-sepoi di sore hari dan menikmati ombak yang saling berkejar-kejaran di tepi pantai. Kami duduk di ujung perahu sambil minum air kelapa hijau yang diambil anak-anak kampung yang baru diambil dari pohonnya dan bernyanyi bersama anak-anak ntah beberapa lagu yang kami nyanyikan hingga dapat senja.

Saat itu aku dan teman-teman sedang tidak memakai baju lengan panjang dan celana panjang, ya seperti memakai pakaian biasalah kalau ke pantai celana pendek dan baju kaos . Tiba-tiba Kulitku terasa gatal yang tak tertahankan, aku pikir nyamuk biasa yang menggigit. Digaruk-garuk enak sekali apalagi aku punya kuku lumayan panjang. Rupanya, kulitku yang gatal bekas gigitan itu ternyata bukan gigitan nyamuk biasa melainkan gigitan Agas waktu aku kasih tunjuk ke masyarakat disitu. Bekas gigitannya itu menyebabkan gatal yang tak tertahankan hingga menyebabkan infeksi dan bisa melebar bila di garuk terus menerus dan bisa menimbulkan korengan dikulit. Gak enak kan punya bekas koreng berlebihan dikulit karena Agas?

“ Ibu, kalau kulitnya ibu merasa gatal sekali, ibu cukup olesi minyak tawon atau minyak kayu putih biar gatalnya hilang” kata masyarakat disitu.

Agas Itu Sebenarnya Apa Sih?

Ilustrasi bekas gigitan Agas/sumber foto : health.detik.com

Agas adalah sejenis serangga yang menyerupai nyamuk tetapi lebih kecil dan biasanya terdapat di pinggir pantai, sungai, muara, dan kawasan semak-semak. Agas mengandung racun yang dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Agas tergolong dalam Suborder Nematocera, terutama dalam famili Mycetophilidae dan Sciaridae. Warna dari serangga ini seperti hitam, putih dan merah.

Apa Yang Harus Dilakukan Apabila Terlanjur Digigit Agas?

  1. Jangan digaruk agar tidak meninggalkan bekas korengan
  2. Pakai minyak kayu putih atau minyak tawon
  3. Pakai salap antibiotik apabila terjadi luka garukan yang terbuka
  4. Konsumsi obat seperti CTM dan Dexamitason

Bagaimana Cara Agar Tidak Digigit Agas :

  1. Saat keluar rumah pakailah pakaian yang panjang dan jangan lupa memakai kaos kaki dan sarung tangan
  2. Gunakan lotion nyamuk saat keluar rumah
  3. Hindari terlalu lama ditempat yang banyak agasnya
  4. Rajin mandi dan ganti pakaian setiap harinya

Cara Perawatan Luka Bekas Gigitan Agas :

Agar luka cepat sembuh harus dirawat dan kebersihan harus diperhatikan karena luka terbuka akan mengundang lalat hinggap dikulit, untuk itu perlu pembersihan luka secara rutin. Caranya, gunakan larutan NaCl 0,9 %. Gunakan kapas yang sudah dibasahi larutan infus, bersihkan luka dan nanah yang menggumpal keluar. Untuk mengeluarkan nanah dari luka harus hati-hati agar tidak perih. Setelah luka bersih olesi salep atau serbuk pengering luka (nama serbuknya Nebacetin powder) memang sih serbuk itu perih sekali kalau ditabur ke luka terbuka tapi itu perihnya Cuma sebentar saja. Semoga cara diatas berguna dan jangan pernah meremehkan binatang mungil yang satu itu, karena Agas datang tanpa kita sadari. (*)