Iklan Berbayar

Reporter : Robby Mesak

Ikan Nemo di Kepulauan Yapen terancam punah. Kalian pasti sudah tahu apa itu ikan badut dan bagaimana bentuknya bukan? Jenis ikan ini pernah diangkat oleh Hollywood sebagai film animasi yang diberi judul “Finding Nemo.”

Dengan warna cantik yang dimiliki ikan badut dan teman-temanya, membuat ikan ini banyak diburu untuk dijadikan ikan hias.

Meskipun jenis ikan tersebut sampai saat ini masih melimpah, namun kedepannya harus lebih dipikirkan lagi, jangan sampai ikan lucu tersebut masuk dalam kategori binatang laut yang terancam punah karena tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab.

Hal ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar, bahwa menjaga kelestarian ekosistem laut adalah hal yang sangat penting demi kelangsungan hidup para binatang di laut.

Ketika dijumpai oleh media beberapa waktu lalu, Andi Leo salah seorang pemuda yang ditugaskan untuk menjaga destinasi wisata di kampung Sarawandori menegaskan agar para pengunjung yang datang berwisatara, selalu menjaga kelestarian alam yang ada di Sarawandori.

Ikan Nemo di Kepulauan Yapen terancam punah. Foto: Arebo

“Bahkan hari-hari terakhir ini, saya melihat beberapa pengunjung melakukan penangkapan terhadap ikan badut dan teman-temannya untuk dibawa pulang lalu dijadikan sebagai ikan pelihaaan atau ikan hias.  Mereka tidak mengetahui bahwa ikan badut dan teman-temannya merupakan binatang laut yang hidup saling ketergantungan, dimana ikan-ikan ini hidup di terumbu karang dan anemon”. Ungkapnya

Keindahan di bawa laut. Foto: Andi

Kepada media Andi juga menyampaikan, “Saya dengan keras dan tegas melarang pengunjung untuk menangkap ikan-ikan tersebut, karena bagaimanapun ikan-ikan ini butuh tempat yang luas dan terumbu karang untuk bisa bertahan hidup dan itu hanyalah di laut bukan aquarium”.

Bahkan kita ketahui bersama bahwa Kota serui akan menjadi tempat Destinasi Unggulan yang harus dijaga kelestariannya, karena ini adalah salah satu Program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen  mengenai sektor Pariwasata Bahari dan Sektor Wisata lainnya.

Keindahan di bawa laut. Foto: Andi