Iklan Berbayar

Reporter: Andrew Woria
Kegiatan Komsos dengan tokoh masyarakat yang dilaksakan oleh kodim 1709 Yawa berlangsung di Lapangan Stadion Marora Serui, pada Jumat 9/10/2020. Kegiatan ini diawali sejak pukul 8 pagi Dengan melakukan olahraga jalan keliling lapangan stadion marora Serui.

Usai melakukan jalan sehat keliling lapangan kegiatan dilanjutkan dengan diskusi di bawah panas matahari pagi bersama sejumlah tokoh diantaranya yaitu, Ketua dewan adat suku berbai, Ketua FKUB Kepulauan Yapen, Ketua Mui serui, Ketua Klasis GKI Yapen Selatan, Ketua Komisi 1 DPRD Kepulauan Yapen, Danramil Serui, Wadar Panjawi, Serta Kapolres Kepulauan Yapen,

Dandim 1709 Yawa, Letkol Inf Leon Pangaribuan menjelaskan bahwa ia ingin membuka pola pikir kepada para tokoh masyarakat yang ada sehingga bisa menjadi penyambung lidah bahwa saat ini, menghadapi pandemi, yang harus dilakukan adalah dengan berolahraga dan berjemur dibawah matahari pagi. Ia menemukan kan bahwa banyak beredar di grup-grup sosial media (wa,facebook) yang menyalahkan pemerintah daerah dalam penanganan covid 19 dikarenakan jumlah terkonfirmasi positif terus naik.

Menurutnya masyarakat saat ini belum sadar sepenuhnya bahaya covid 19, sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Hal tersebut yang ingin ditanamkan kepada warga masyarakat melalui tokoh masyarakatnya, seperti manfaat olahraga untuk kesehatan,

“Kalau kita melihat di TV bagaimana untuk mencegah corona selain melaksanakan 3 m yang paling penting yaitu menambah daya tahan tubuh dengan cara, makan mamakan bergizi, tidur yang cukup dengan waktu tidur 8 jam, tak lupa juga dengan kegiatan olahraga, ditambah lagi dengan berjemur matahari ” ujarnya.

Dia juga berharap agar kegiatan yang dilakukan ini dapat dicontoh oleh masyarakat lain tentang pentingnya berolahraga di pagi hari yaitu dibawa pukul 10 pagi untuk mendapatkan vitamin D yang diperoleh secara gratis dari cahaya matahari di jam-jam tersebut.

Ketua komisi 1 DPRD Kepulauan Yapen, Bidang pemerintahan, Yunus Waimuri dalam diskusinya menjelaskan bahwa, Dewan memberikan apresiasi kepada dandim atas kegiatan tersebut. Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat di lapangan stadion marora serui. Selain itu ia juga menjelaskan tentang stabilitas daerah yang terjadi saat ini.

Sementara it Ketua FKUB, Pdt. Marten waromi dikesempatannya mengatakan bahwa, kegiatan olahraga yang dilakuan okeh dandim ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan. Dirinya juga akan Menggerakkan setiap toko lintas agaman untuk memanfaatkan waktu 1 sampai 2 jam untuk berjemur di bawah panas matahari serta memberikan apresiasi kepada kegiatan teraebut. Ia akan menggerakan kabupaten ini, menjadi kabupaten yang berpola hidup sehat.

Diskusi di bawah panas matahari pagi yang berlangsung di stadion marora Serui (foto Andrew)

Sementara Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Kariawan Barus menjelaskan bahwa, setelah adanya covid ini, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan. Walaupun isu yang berkembang lebih kuat dari situasi yang ada. Untuk kepulauan yapen, situasi covid ini sudah masuk dalam resiko tertinggi untuk papua nomor 2 setelah Jayapura, Timika, kota Jayapura.

Ini menjadi suatu hal yang harus dipikirkan bersama solusinya. Tiada lain bersama adalah menjaga imun tubuh kita. Yang menjadi sorotan adalah bagaimana berdampingan dengan virus Corona adalah kesadaran masyarakat tetap produktif dengan memperhatikan protokol kesehatan. Ia minta agar kesadaran masyarakat dapat di tingkat kan, apa bila ada gejala harus segera melapor karena sudah menjadi transmisi lokal.