Iklan Berbayar

Salah satu hal yang mudah untuk dilakukan dalam menghentikan penyebaran virus corona adalah dengan menggunakan masker.

Meski diakui mudah untuk dilakukan, namun sebagian tidak peduli akan hal tersebut, padahal menggunakan masker bukan hanya karena dalam masa pandemi, namun saat melakukan kegiatan yang dimana kamu akan berhadapan dengan debu dan kotoran, kamu juga harus memakai masker untuk melindungi saluran pernafasan.

Menggunakan masker sangat disarankan untuk dilakukan, namun ada yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan masker, diantaranya:

1. Jangan hanya menutup bagian mulut saja

Suatu kesalahan saat menggunakan masker apabila hanya menutup bagian mulut saja, padahal hidung menjadi bagian yang sangat penting untuk ditutup agar virus tidak memasuki bagian hidung dan menyerang organ tubuh lainnya.

Untuk itu jangan hanya menutupi area mulut saja atau menarik masker ke bagian dagu, karena hidung akan mengeluarkan tetesan yang mungkin tidak bisa dilihat secara langsung sehingga harus ditutup dengan menggunakan masker.

2. Jangan gunakan masker yang menurutmu itu tidak nyaman 

Jika kamu sudah merasa tidak nyaman menggunakan masker tersebut, maka kamu perlu menggantinya dengan masker yang lain. Karena jika dipaksakan maka sewaktu-waktu kamu akan melepaskannya atau menyentuh masker, padahal sebelumnya kamu mungkin memegang suatu benda yang sudah terkontaminasi dengan virus. Akhirnya makser yang kamu gunakan sudah tidak bersih lagi, untuk itu sebelum keluar rumah dengan menggunakan masker, pilihlah masker yang benar-benar bersih dan pas dengan bentuk wajahmu.

3. Jangan sering menyentuh masker

Menggunakan masker tidak hanya digunakan begitu saja, kadang kamu harus meperhatikan masker agar berada di posisi yang tepat, intinya kamu nyaman saat menggunakan masker tersebut. Jangan sampai kamu terlalu sering menyentuh masker dan mengubah posisi masker, padahal sebelumnya kamu belum mencuci tangan dengan bersih.

Menyentuh masker atau mengubah posisi masker akan membuat masker yang kamu gunakan menjadi cepat longgar, sehingga virus memiliki celah untuk masuk ke dalam sistem pernafasanmu.

4. Jangan menggunakan masker dalam waktu yang lama

Menggunakan masker dalam waktu yang lama akan membuat pernafasanmu menjadi tidak normal atau kamu akan merasa tidak nyaman dalam bernafas.

Selain itu WHO juga merekomendasikan agar dalam mennggunakan masker, seseorang haru mengganti masker setiap empat jam sekali atau saat maske sudah basah, itu artinya masker tidak bisa digunakan lagi.