Iklan Berbayar
Home Gaya Hidup Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Lakukan Olahraga Ini!

Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Lakukan Olahraga Ini!

0
189
Bumil jangan lakukan olahraga ini
Bumil jangan lakukan olahraga ini. freepik.com
Iklan Berbayar

Salah satu manfaat olahraga bagi ibu hamil adalah mempermudah persalinan. Selain itu olahraga juga dapat membantu tidur lebih nyenyak, memberi semangat, dan mencegah sembelit. Tentunya hal ini sangat baik untuk ibu dan janin yang sedang di kandung.
Bumil jangan lakukan olahraga ini!

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua olahraga bagus untuk dilakukan olahraga karena beberapa olahraga yang disebut tidka berbahaya, ternyata tidak baik untuk ibu dan janin yang dakandung karena dapat mengakibatkan keguguran.
Bumil jangan lakukan olahraga ini!

Berita terhangat: Antisipasi Kekeringan Lahan, Babinsa Warbah Bersama Petani Bangun Embung

Berikut jenis olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu yang lagi hamil:

1. Bersepeda membutuhkan tenaga yang ekstra

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang tidak boleh dilakukan karena saat bersepeda seseorang harus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Bukan hanya itu saja, bersepeda harus memiliki fiisik yang kuat untuk mengayun sepeda. Sedangkan hal ini tidak bisa dilakukan oleh bumil, dimana bumil akan mudah kelelahan.

2. Aerobik membuat orang merasa cepat lelah

Sama halnya dengan bersepeda, senam aerobik juga membutuhan fisik yang kuat untuk melakukan bermacam-macam gerakan tubuh. Apabila fisik kurang kuat maka akan mudah kelelahan. Saat hamil kekuatan fisik akanĀ  berkurang karena harus membawa janin yang didalam kandungan. Jadi, sebaiknya bumil jangan melakukan olahraga aerobik. Lebih baik lakukan olahraga ringan, contohnya jalan santai setiap pagi.

3. Bowling membutuhkan keseimbangan

Olahraga berikut yang tidak boleh dilakukan bumi adalah olahraga bowling. Memang olahraga ini terlihat sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun perlu menjaga keseimbangan untuk melempar bola agar tepat sasaran. Namun sayangnya, bola tersebut berat dan pastinya tidak cocok untuk bumil karena akan menyebabkan keguguran janin apabila terjatuh karena kurang keseimbangan dalam melempar bola.

4. Berlari butuh konsentrasi

Olahraga terakhir yang terlihat sederhana adalah berlari, meskipun terlihat sederhana namun berbahaya bagi ibu hamil karena berlari butuh konsentrasi.

Saat berlari, goncangan akan terjadi pada perut yang membuat tidak nyaman bumil. Hal ini akan mengganggu konsentrasi ibu hamil saat berlari dan bisa membuatnya terjatuh dan akan berakibat fatal bagi janin apabila hal tersebut terjadi.

Jadi, untuk para bumil yang ingin berolahraga, lebih baik lakukan olahraga yang aman seperti, semam, jalan kaki, yoga, sepeda statis dan lain sebagainya.