Iklan Berbayar

suaraserui.com, Pada awal masa pandemi memasuki Indonesia, semua kebutuhan naik termasuk emas. Sekedar untuk diketahui, selama delapan bulan belakangan ini berdasarkan data yang dilansir dari market.bisnis.com, harga emas meninggalkan level US$1.900 per troy ounce pagi ini seiring dengan rebound dolar AS pada perdagangan Kamis (15/10/2020) pukul 07.52 WIB, harga emas spot koreksi 0,31 persen atau 5,93 poin menjadi US$1.895,59 per troy ounce.

Harga emas Comex kontrak Desember 2020 juga melesu 0,23 persen atau 4,3 poin menuju US$1.903 per troy ounce. Adapun, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback terhadap sejumlah mata uang naik 0,04 persen atau 0,034 poin menuju 93,416.

Emas merupakan investasi yang menguntungkan dan terbilang aman karena nilai emas tidak terpengaruh lonjakan inflasi. Jadi, jika terjadi inflasi Anda tak perlu khawatir dengan emas yang Anda simpan. Maka dari itu, harap perhatikan keaslian emas saat Anda membelinya.

Berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang penting untuk diketahui sebelum berinvestasi emas yang dilansir dari logammulia.com, sebagai berikut :

Perhatikan dengan baik bagian fisik dari emas tersebut

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu bisa dilihat dari fisiknya. Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

Jika digosok apa warnanya berubah?

Silakan Anda coba pegang dengan baik emas yang Anda beli tersebut, kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

Uji keaslian emas yang dibeli dengan digigit

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika si penjual tawarkan emas dengan kadar tinggi, maka Anda bisa cek lunak atau tidaknya emas tersebut dengan mudah. Karena semakin tingginya kadar karatnya, maka emas akan jadi semakin lunak.

Cara mengetahui asli dan palsunya emas tersebut paling mudah adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas asli. Walaupun demikian, sangat disarankan sekali agar Anda tidak buru–buru membelinya. Karena bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah, karena logam timah juga termasuk golongan logam lunak.

Mencoba mendekatkan dengan magnet

Emas pada dasarnya termasuk logam yang sifatnya non magnetis. Itu berarti jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau pun menempel. Harus diingat juga, bahwa pengujian satu ini tak berarti emas yang Anda miliki terjamin keasliannya, sebab masih ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki sifat non magnetis.

Menggoreskan di keramik atau kertas

Cara lain mengetahui mana emas asli dan palsu adalah dengan menggunakan keramik atau keras. Jika emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisahkan bekas, itu artinya emas tersebut adalah asli. Tak ada goresan yang tertinggal bisa jadi petunjuk bahwasannya emas tersebut asli. Tetapi harus Anda perhatikan pula cara yang digunakan ini beresiko merusak emas.

Meneteskan asam

Tips mengetahui emas asli dan palsu yang berikut ini biasanya digunakan oleh para pedagang emas dan toko perhiasan. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, maka diperlukan kehati – hatian, sebab cairan asam nitrat adalah cairan yang cukup berbahaya sekali bagi tubuh dan pernafasan. Cara yang digunakan cukup mudah sekali, yakni dengan meneteskan asam nitrat ke emas lalu amati reaksinya.

Jika berubah jadi warna hijau, itu artinya logam ini adalah besi yang diberi lapisan emas, tetapi jika berubah jadi warna kuning, berarti ini merupakan kuningan yang beri lapisan emas. Sementara itu jika berubah jadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Tetapi jika tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli.

Mengecek ke Butik LM Terdekat

Untuk yang terakhir ini cocok banget untuk Anda yang tidak mau ribet dengan cara–cara di atas. Silakan bawa emas yang sudah Anda beli ke butik Antam LM terdekat. Petugas di butik Antam LM terdekat nanti akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Petugas butik Antam LM terdekat biasanya sudah terbiasa kenali emas asli dan palsu, jadi apa yang ia bilang biasanya selalu tepat.