Iklan Berbayar

10 Manfaat Daun Salam. Daun salam yang disebut sebagai daun aromatik ini, memang diakui sebagai rempah pilihan nusantara yang sampai saat ini masih menjadi bumbu dapur paling handal untuk memjadikan masakan lebih enak dan harum.

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan jadi lebih enak dan harus, daun salam juga ternyata memiliki manfaat yang tak terduga.

Khasiat dan manfaat daun salam menjadi obat tradisional untuk membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Namun bukan hanya untuk mengobati saja, daun salam juga bisa digunakan untuk pecegahan.

Berikut khasiat  dan manfaat yang diberikan daun salam:

1. Kandungan etanol yang terdapat dalam daun salam dapat bermanfaat sebagai antibakteri dan antijamur, sehingga cacing dalam tubuh manusia bisa dimusnahkan.

2. Rebusan daun salam dipercaya sebagai obat yang dapat menyehatkan mata dan tidak membuat iritasi pada mata.

3. Rebusan daun salam juga dapat membantu memusnahkan batu ginjal dan menghalagi munculnya batu ginjal.

4. Kandungan partenolida dapat menyembuhkan sakit kepala yang berdenyut dan disertai dengan mual atau dalam bahasa medis disebut sebagai penyakit migran.

5. Dengan sifat antiinflamasi yang dimiliki daun salam, dapat membantu meringankan rasa nyeri pada sendi.

6. Rebusan daun salam berfungsi untuk mencegah terjadinya sembelit dan memperlancar pencernaan.

7. Dengan meminum rebusan daun salam setiap harii, maka akan membantu mengurangi kadar asam urat.

8. Rebusan daun salam memberikan manfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit gula darah.

9. Tidur jadi lebih nyenyak dengan meminum rebusan daun salam.

10. Kandungan zat caffeic, eugenol, catechin dan quercetin dalam daun salam, dapat membantu melawan beberapa kenis kanker.

Untuk bisa mengonsumsi daun salam dengan teratur, maka ada baiknya tambahkan daun salam pada masakan. Mengonsumsi daun sirih sedini mungkin, akan membantu mencegah berbagai masalah yang bisa saja terjadi.