Iklan Berbayar

Betapa senangnya menerima gaji dari hasil keringat sendiri. Berapapun gaji yang dimiliki di syukuri daripada tidak berpenghasilan sama sekali.

Namun bila gaji yang kamu terima kisaran 2 jutaan harapan untuk menabung sepertinya nggak mungkin karena kebutuhan saat ini mengalami kenaikan dan apa-apa semua serba mahal akibat pandemi COVID-19 melanda perekonomian dunia.

Nah, kali ini suaraserui.com akan membantumu melakukan banyak hal, khususnya di urusan keuangan biar lebih hemat. Berikut Tipsnya!

Awal gajian, segera sisihkan uangmu untuk di tabung dan buatlah 2 rekening tabunganmu

Buat  kamu yang ingin menabung, ada baiknya kamu menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung setelah kamu menerimanya. Misalnya kamu memiliki gaji 2.200.000, sisihkan 600.000 uangmu untuk ditabung. Dan segera membuat 2 rekening tabungan agar bisa mengatur dan menyimpan uangmu dengan baik dan aman.

Misanya, rekening pertama kamu gunakan untuk pengeluaran sehari-harimu, sedangkan rekening kedua kamu pakai untuk menabung.

Khusus rekening yang kamu pakai untuk menabung, pilih yang biaya administrasinya rendah dan tanpa kartu ATM.

Dengan membuat dua rekening, kamu bisa membedakan mana uang yang bisa kamu pakai sesuka hati dan mana yang kamu tabung.

Pastikan bahwa uang yang kamu masukkan ke dalam rekening tabungan tidak kamu utak-atik kecuali memang ada alasan yang benar-benar mendesak untuk menggunakannya.

Ini Dia Cara Mengecek Keaslian Emas Secara Manual

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, Langsung Diterima Kerja

Cadel Itu Apakah Kelainan Atau Kebiasaan Pada Orang Dewasa?

Buat daftar kebutuhan seperti biaya transport, biaya kost, air, listrik, pulsa, uang jaga-jaga dan belanja bulanan

Ingat, kebutuhan bukan keinginan. Berarti di sini kamu harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya.

Daftar kebutuhan ini harus kamu buat sedetail-detailnya. Kamu juga harus menentukan berapa jumlah yang harus kamu beli, pikirkan juga untuk biaya transport (jika kamu tidak memiliki kendaraan), biaya kost, air, pulsa, listrik dan uang jaga-jaga (kalau misalnya ada acara undangan, dll) selama 1 bulan, jadi kamu juga bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan.

Saat kamu ingin belanja, usahakan membeli barang yang ada diskon nya

Terkadang suatu barang dijual dengan harga diskon. Nah, kamu bisa menggunakan diskonan tersebut untuk meringankan biaya pengeluaranmu. Biasanya diskon ini muncul ketika supermarket hendak mengosongkan stock barang, atau ketika sedang ada promo barang. Namun berhati-hatilah dalam mencari barang diskonan. Jangan sampai kamu tergoda membeli barang yang sebenarnya bukan prioritas belanja.

Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki gaya hidupnya sederhana

Jika kamu berteman dengan orang-orang yang suka makan di restoran mahal, hobi berbelanja di mall, maka kamu otomatis akan makan bersama mereka atau belanja bersama dengan temanmu yang hobi belanja di mall pasti pengeluaranmu jadi membengkak.

Nah, jika kamu berteman dengan mereka-mereka yang sederhana, maka otomatis biaya bergaulmu dengan mereka tidak akan sebanyak ketika teman-temanmu suka hidup mewah.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Bergaji kecil maupun besar, penting untuk menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari hari. Gaya hidup hemat tak hanya akan membuat Anda dapat menabung, namun juga membuat kondisi finansial menjadi stabil yang mana akan berpengaruh positif bagi keberlangsungan hidup hingga tua nanti.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar gajimu tak habis begitu saja. Selamat mencoba!