Iklan Berbayar
Home Pariwisata Tarian Yospan, Tarian Yang Memperkuat Tali Persahabatan Masyarakat Papua

Tarian Yospan, Tarian Yang Memperkuat Tali Persahabatan Masyarakat Papua

0
316
Arti dari tarian yospan
Arti dari tarian yospan. Sumber : suluttimes.com
Iklan Berbayar

Arti dari tarian yospan. Tarian Yospan dikenal sebagai tarian yang menurut Wikipedia adalah jenis tarian Kontemporer yang menggambarkan pergaulan atau persahabatan pada kaum muda-mudi Biak Numfor. Tarian ini muncul pada tahun 1960 yang kemudian sempat menjadi bagian dari senam kesehatan jasmani di sejumlah instansi pemerintahan.

Asal-usul tarian Yospan adalah tarian yang digabungkan dari tarian Yosim dan Pancar. Tarian Yosim berasal dari teluk Sairei (Serui, Waropen), tarian ini lebih mengutamakan kebebasan dalam bergerak dan mengandalkan kelincahan dalam menari, sedangkan Tarian Pancar berasal dari 2 daerah yaitu Biak Numfor dan Manokwari dimana tarian ini bersifat kaku dalam gerakannya karena harus mengikuti irama Tifa, Ukulele, Gitar dan sebagainya.

Agar tarian ini bisa ditampilkan secara maksimal maka diperlukan kekompakan saat tampil antara yang akan memainkan alat musik dan yang akan menari. Saat alat musik sudah mulai terdengar maka penari harus mengikuti alat musik tersebut. Arti dari tarian yospan

Kalian yang sudah sering ikut festival pasti sudah pernah melihat secara langsung bagaimana gerakan dari Tarian Yospan yang disebut-sebut sebagai tarian yang dapat memperkuat tali persahabatan masyarakat di Papua.

Tarian Yospan merupakan tarian yang cukup terkenal karena tarian ini yang sering ditampilkan di berbagai acara, baik itu acara festival, nikahan, penyambutan dan acara budaya atau acara adat.