Iklan Berbayar

Punya masalah saat BAB yang disertai dengan darah, memang suatu hal yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kondisi ini memang kadang tidak menimbulkan rasa sakit, namun apabila dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan masalah bahkan sampai penyakit kanker. Pencegahan BAB berdarah dengan tindakan medis

Tindakan medis adalah salah satu hal yang harus segera dilakukan untuk menghentikan perdarahan dan mengatasi perdarahan agar tidak kembali terjadi.

3 tindakan medis tersebut, antara lain:

  1. Endoscopic intravariceal cyanoacrylate injection. Tindakan ini dilakukan untuk menghentikan perdarahan di area dimana terjadinnya perdarahan. Pada saat tindakan dilakukan, dokter akan menyuntikkan zat khusus, seperti cyanoacrylate, diarea terjadinya perdarahan, dimana Cyanoacrylate berfungsi untuk sebagai perekat untuk menghentikan perdarahan.
  2. Electrocauterization. Electrocauterization adalah salah satu tindakan dimana dokter akan menggunakan arus listrik untuk membakar jaringan atau pembuluh dara yang menyebabkan perdarahan di area tertentu.
  3. Band ligation. Proses ini dilakukan dokter untuk menghambat aliran darah yang menimbulkan perdaraha. Tindakan ini dilakukan dengan mengikat wasiar  atau varises esofagus yang membengkak.

Namun perlu diketahui bahwa ke-3 tindakan diatas akan dilakukan tergantung dari banyaknya jumlah darah yang keluar dan apa penyebab yang mendasari terjadi BAB berdarah. Pencegahan BAB berdarah dengan tindakan medis

Apabila perdarahan skala sedang hingg skala berat, pasien yang memiliki gejala tekanan darah rendah, pusing, hingga syok, maka harus segera diberikan pengganti melalui transfusi darah.

dilansir dari alodokter.com Untuk pemberian obat bagi penderita pasien, maka dokter akan memberikan berbagai jenis obat sesuai dengan penyebabnya, seperti:

  • Obat antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri pylori dan infeksi bakteri di usus besar
  • Obat antiradang kortikosteroid untuk mengobati radang usus
  • Krim dan obat wasir untuk mengobati wasir
  • Kemoterapi untuk mengobati kanker usus besar