Iklan Berbayar
Home Berita Terhangat Ulat Sagu, Si Mungil Asal Papua Yang Kaya Akan Protein

Ulat Sagu, Si Mungil Asal Papua Yang Kaya Akan Protein

0
302
Ulat sagu kaya protein
Ulat sagu kaya protein. Tokopedia.com
Iklan Berbayar
Ulat sagu kaya protein. Ulat sagu adalah salah satu makanan khas Papua yang ternyata menjadi makanan favorit mereka sejak dari masa prasejarah, temuan arkeologi berupa pecahan gerabah di situs-situs di Kawasan Danau Sentani membuktikan bahwa manusia pada masa prasejarah sudah mengolah kuliner berbahan sagu. (sumber : detik.com).Meskipun dikatakan ekstrem dan membuat jijik beberapa orang, namun makanan satu ini kaya akan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia yang bisa mencapai 9,34 persen. (Sumber : sehatq.com)Sebagaimana kita ketahui bahwa protein sangat berpengaruh besar bagi tubuh manusia. Adapun Manfaat protein bagi tubuh manusia menurut dr. Kevin Adrian (sumber : alodokter.com) adalah sebagai berikut :
  • Diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.
  • Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Contohnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat dan kulit.
  • Membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Karena itu, konsumsi makanan berprotein tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk melangsingkan badan.
  • Membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ di dalam tubuh.
  • Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, hingga wanita hamil dan janin yang dikandungnya.
  • Terlibat dalam kontraksi dan gerakan otot, contohnya protein aktin dan myosin.
  • Membuat enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi dan metabolisme tubuh.
  • Mengangkut sel atau zat, contohnya hemoglobinyang membawa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.
Ulat sagu dapat dimakan secara langsung saat ulat tersebut masih hidup dan juga dapat diolah dengan berbagai macam rempah-rempah. Dibeberapa daerah, ulat sagu sudah menjadi makanan kuliner yang digemari oleh sebagian orang, meskipun bentuknya kecil dan mungil tetapi ulat sagu sudah diuji kadungan proteinnya dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.